Kisah Nabi Harun As.

Kisah Nabi Harun As. lengkap
Kisah Nabi Harun As. Nabi Harun adalah saudara nabi Musa dan partner (pasangan) dakwahnya dalam mengajak Fir'aun beriman kepada Allah Swt. karena kefasihan dan kepandaiannya berbicara. Yang ketika itu, Nabi Musa As. telah bertahun-tahun meninggalkan Mesir tanah airnya, sejak ia melarikan diri dari buruan kaum Fir'aun.

Nabi Harun mulai berdakwah bersama Musa ketika Musa menerima perintah Allah untuk berdakwah kepada Fir'aun. Nabi Musa As. dibayangi dengan rasa takut akan pembalasan Fir'aun saat akan melakukan dakwahnya, dengan begitu ia meminta kepada Allah agar diberikan seorang pembantu dari keluarganya sendiri, yaitu Harun untuk menyertainya dalam melakukan tugasnya menghadapi orang-orang kafir itu dengan keuntungan Harun saudaranya itu lebih lancar lidahnya dan lebih cakap daripada Musa dalam berdebat dan bermujadalah.

Allah berkenan mengabulkan permohonan Musa, maka digerakanlah hati Harun yang ketika itu masih berada di Mesir untuk pergi menemui Musa mendampinginya dan bersama-sama pergilah mereka ke istana Fir'aun.

Setelah kesekian dakwahnya yang tak kunjung dapat menyadarkan Fir'aun, pada akhirnya kaum Bani Isra'il keluar dari Mesir  menuju Baitul Maqdis, yang dikejar oleh tentara Fir'aun yang zalim itu. Dan terjadilah mukjizat Nabi Musa As. dengan kehendak Allah membelah lautan dengan tongkatnya untuk membuka jalan kaum Bani Isra'il. Ketika Fir'aun dan tentaranya mengikutinya dan berada ditengah-tengah, kembalilah air yang menggunung itu menutupi jalur jalan yang terbuka di mana Fir'aun dengan sombongnya memimpin barisan tentaranya mengejar Musa dan Bani Isra'il dan tenggelamlah mereka.

Perjalanan dilanjutkan menuju Thur Sina setelah melintasi lautan di bagian utara dari Laut Merah dan setelah mereka merasa aman dari kejaran Fir'aun dan kaumnya. Lalu Musa mewakilkan urusan kaumnya kepada Harun ketika ia pergi menemui Allah di bukit Thur Sina. Namun Samiri menyebarkan fitnah mengajak Bani Israel menyembah patung anak sapi yang terbuat dari emas.

Nabi Harun mengajak mereka kembali menyembah Allah, tetapi mereka semakin menunjukkan kesombongan. Ketika Nabi Musa kembali dan menyaksikan apa yang dilakukan kaumnya, dia memarahi saudaranya, Harun.

Itulah cuplikan cerita Nabi Harun As., selengkapnya dapat anda baca pada Kisah Nabi Musa As.

WaAllahu'Alam