Sales Itu Hebat, Inilah 5 Sisi Kehebatannya

Mengungkap sisi kehebatan sales
Banyak sekali pekerjaan yang dapat kita pilih untuk segera dapat menghasilkan uang, salah satunya adalah menjadi Sales. Sales itu pekerjaan yang hebat, tepat sekali bila sales ini memiliki peranan yang sangat penting dalam pendistribusian barang. Tugas dan kerja sales umumnya untuk mengenalkan dan meyakinkan pembeli terhadap suatu produk. Dibalik tugas dan pekerjaannya, pernahkah kita memikirkan sisi lainnya? Hmm, mari kita ungkap sisi kehebatan sales di bawah ini.

1. Pantang Menyerah

SALES = SALE = JUAL. Jadi ya tugas sales adalah jualan produk dari perusahaan tempatnya bernaung. Kalau tidak bisa jualan ya mending cari kerjaan yang lain deh. Nah, cara dan sistem jualan berbeda-beda tiap orangnya walau ada konsep dasar yang disepakati bersama dalam perusahaan. Mau jualan pagi hari, siang hari, sore hari atau malam hari ya terserah anda. Pada suatu ketika, percayalah, seorang sales akan menemukan rumus dan pasar pembelinya sendiri untuk jualan.

Mereka memegang prinsip "mau kerja atau tidur ya terserah! Yang penting target bisa tercapai. Pokoknya: JUALAN... JUALAN... JUALAN..." Mereka akan bekerja keras untuk itu dan tidak akan menyerah sampai target tercapai.

2. Punya Otak Encer dan Kreatif

Berbagai cara akan mereka lakukan untuk mendapatkan pelanggan. dengan kecerdikan dan seringnya memutar otak membuat sales menjadi lebih kreatif. Demi tercapainya target penjualan, mereka terbiasa memutar otak dan memakai cara-cara yang tidak terpikirkan orang alias kreatif.

3. Banyak Relasi

Ya, iyalah. Misalkan, minimal perusahaan mewajibkan sales harus bertemu minimal 5 orang calon konsumen per hari, maka kenalannya akan nambah 5 orang x 25 hari = 125 orang perbulan. Bisa bayangin berapa kenalannya dalam 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun? BANYAK!!!
Banyak relasi banyak rejeki.

4. Berbakat Menjadi Pebisnis

Seorang sales berjiwa petualang yang baik dan benar akan mencari, menghitung, dan membandingkan untung-rugi sebelum memutuskan keluar dari perusahaan untuk selanjutnya membangun perusahaannya sendiri. Sales akan menemukan banyak peluang baru saat keliling dari pintu ke pintu. Banyak perusahaan baru yang dimiliki oleh bekas sales.

5. Sales Itu Jujur

Sales adalah pekerjaan jangka panjang. Sales akan mencari langganan agar terjadi repeat order rutin. Dalam mempertahankan hal ini, mereka dituntut memiliki attitude yang baik khususnya kejujuran. Jika sales mampu mendapat minimal 5 klien per bulan maka dalam 1 tahun akan mendapatkan 5 x 12 bulan = 60 klien per tahun, maka di tahun ke-2 si sales tinggal memanen hasilnya. Duduk manis merawat dan menjaga agar klien tidak pindah ke lain hati ke pedagang di warung sebelah.

Pernahkah anda memikirkan ini saat melihat seseorang sedang menawarkan barang-barangnya? Itulah sales, seorang dengan pekerjaan hebat yang jangan sampai kita pandang sebelah mata. Tetaplah berpikir positif dimanapun anda berada 😉