Port-Port Penting Pada Jaringan (Jawaban Port Berapa)

Port-port penting pada jaringan untuk menjawab pertanyaan port berapa
Sering kita bertanya-tanya di port berapa adanya suatu protokol dalam jaringan. Sebelumnya kita harus tahu apa sih port itu? Dalam protokol jaringan TCP/IP, sebuah port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan.

Dari sekian banyaknya port, port dibagi menjadi 3 bagian dari penomorannya. yaitu:
1. Well-known ports (0-1023)
2. Registered ports (1024-49151)
3. Dynamic/Private ports (45152-65535)

Port-port penting yang biasa digunakan dalam jaringan biasanya masuk ke dalam Well-known ports dan bukan berarti port-port lainnya tidak penting. Hanya saja yang akan kita bahas adalah port-port yang digunakan oleh protokol-protokol jaringan yang biasa kita temui. Sekaligus di postingan ini akan menjawab pertanyaan Anda yang diajukan di Google.

Pertanyaan dan Jawaban Port-Port Penting Jaringan

1. Berapa Port FTP?
FTP (File Transfer Protocol) tepatnya menggunakan (terdapat pada) port 21. Port 20 dalam FTP hanya sebagai tempat data masuk yang berfungsi sebagai Data Connection.

2. Berapa Port SSH?
SSH (Secure Shell) menggunakan (terdapat pada) port 22. Sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

3. Berapa Port Telnet?
Telnet (Telecommunications Network) menggunakan (terdapat pada) port 23. Sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.

4. Berapa Port SMTP?
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) menggunakan (tedapat pada) port 25. Sebuah protokol yang mengatur pengiriman email dari pengirim.

5. Berapa Port DNS?
DNS (Domain Name System) menggunakan (terdapat pada) port 53. Sebuah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

6. Berapa Port DHCP?
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) menggunakan (terdapat pada) port 67. Sebuah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP secara otomatis dalam satu jaringan. Port 68 digunakan untuk DHCP client.

7. Berapa Port HTTP?
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) menggunakan (terdapat pada) port 80. Port yang digunakan internet browser sebagai lalu lintas permintaan http.

8. Berapa Port POP3?
POP3 (Post Office Protocol v3) menggunakan (terdapat pada) port 110. Sebuah protokol yang mengatur penerimaan email kepada penerima.

9. Berapa Port NTP?
NTP (Network Time Protocol) menggunakan (terdapat pada) port 123. Sebuah protokol yang berfungsi untuk singkronisasi waktu komputer dengan waktu server.

10. Berapa Port IMAP?
IMAP (Internet Mail Access Protocol) menggunakan (terdapat pada) port 143. Sebuah protokol penerimaan email.

11. Berapa Port HTTPS?
HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) menggunakan (terdapat pada) port 443. Versi aman dari HTTP dengan menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL.

Sebagai seorang teknisi jaringan sudah seharusnya port-port penting pada jaringan ini dihapal. Semoga membantu Anda dalam mengingatnya.