Dimensi Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Lambangnya

Apa itu yang dimaksud Dimensi?

Dimensi adalah cara penulisan suatu besaran dengan menggunakan simbol (lambang) besaran pokok. Hal ini berarti dimensi suatu besaran menunjukkan cara besaran itu tersusun dari besaran-besaran pokok. Apa pun jenis satuan besaran yang digunakan tidak memengaruhi dimensi besaran tersebut, misalnya satuan panjang dapat dinyatakan dalam m, cm, km, atau ft, keempat satuan itu mempunyai dimensi yang sama, yaitu L.

Di dalam mekanika, besaran pokok panjang, massa, dan waktu merupakan besaran yang berdiri bebas satu sama lain, sehingga dapat berperan sebagai dimensi. Dimensi besaran panjang dinyatakan dalam L, besaran massa dalam M, dan besaran waktu dalam T. Persamaan yang dibentuk oleh besaran besaran pokok tersebut haruslah konsisten secara dimensional, yaitu kedua dimensi pada kedua ruas harus sama. Dimensi suatu besaran yang dinyatakan dengan lambang huruf tertentu, biasanya diberi tanda [ ]. Berikut gambar yang menunjukkan lambang dimensi besaran-besaran pokok.

Dimensi Besaran Pokok

Dimensi besaran pokok lengkap beserta lambangnya

Sedangkan Dimensi dari besaran turunan dapat disusun dari dimensi besaran-besaran pokok. Berikut gambar yang menunjukkan lambang dimensi besaran-besaran turunan.

Dimensi Besaran Turunan

Dimensi besaran turunan lengkap beserta lambangnya