Doa Ketika Menyambut Ramadhan

Doa ketika menyambut bulan ramadhan
Bulan Ramadhan merupakan bulan dengan keutamaan yang agung dan keistimewaan yang banyak di antara bulan-bulan lainnya. Marilah kita menyambut ramadhan ini dengan penuh doa dan harapan dengan petunjuk Allah Swt. Di sepanjang bulan inilah Muslimin di dunia melakukan aktivitas-aktivitas keagamaan lebih intensif, seperti berpuasa, shalat tarawih dan ibadah-ibadah lainnya.

Tidak terdapat riwayat adanya doa khusus dari Nabi maupun sahabat ketika menyambut bulan Ramadhan. Hanya saja, para sahabat dan para ulama setelahnya menyambut bulan Ramadhan ini dengan penuh kegembiraan dan suka cita. Mereka ungkapkan kegembiraan ini dengan kalimat-kalimat yang mengandung doa kebaikan dan harapan.

Mu'alla bin Fadl mengatakan:
"Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang bulan Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah Ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka ketika di bulan Ramadhan."

(Lathaiful Ma'rif, Ibnu Rajab, hal.264)

Yahya bin Abi Katsir mengatakan:

Diantara doa sebagian sahabat ketika datang bulan Ramadhan:
ALLAHUMMA SALIMNII ILA RAMADHAN WA SALIMNI LI RAMADHAN, WA TASALLAMI MINII MUTAQABALAN

Artinya: "Yaa Allah antarkanlah aku hingga sampai kepada Ramadhan dan antarkanlah Ramadhan kepadaku dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan."
(Lathaiful Ma'rif, Ibnu Rajab, hal.264)