4 Fakta Tentang Bulan Ramadhan

Fakta tentang bulan ramadhan
Gak kerasa yaa sudah beberapa hari kita menjalankan puasa di bulan ramadhan ini. Biar lebih afdol kita puasanya nambah ilmu yuk tentang fakta Ramadhan. Kadang kita hanya sekedar tahu nama tapi tidak paham makna, nah kali ini supaya lebih mendalami ibadah kita di bulan Ramadhan cari kita akan membahasnya dengan jelas dan menarik. Yuk sobat tambah ilmu kita.

1. Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam

Kalender Hijriyah atau kalender Islam adalah kalender yang digunakan untuk menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah. Dinamakan kalender kalender Hijriyah karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun dimana Rasulullah melakukan Hijrah dari Mekkah ke Madinah. Bulan Ramadan adalah bulan kesembilan pada kalender Hijriyah yang memiliki lama hari kurang lebih 30 hari. Di sepanjang bulan inilah Muslimin di dunia melakukan aktivitas-aktivitas keagamaan lebih intensif, seperti berpuasa, sholat tarawih dan ibadah-ibadah lainnya.

2. Bulan Al-Qur'an diturunkan

Allah Swt. menurunkan Al-Qur'an sebagai satu mukjizat yang membuktikan kerasulan Muhammad dan kewujudan Allah Swt. dengan segala sifat-sifat dan kesempurnaanNya. Al-Qur'an merupakan satu kitab panduan hidup manusia dan rujukan utama umat Islam disamping sunnah Rasulullah. Al-Qur'an tidak diturunkan secara sekaligus, namun diturunkan kepada nabi Muhammad secara berangsur-angsur. Al-Qur'an turun pertama kali pada bulan Ramadhan tepatnya pada malam lailatul qadar, "sesungguhnya kami menurunkan (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan." (Al-Qodr: 1).

3. Pahala yang berlipat ganda

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah, hari dan malam di bulan Ramadhan lebih mulia dibanding bulan-bulan lain. Kemuliaannya ditunjukkan dengan sebutan bahwa Ramadhan adalah bulan Allah, Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda banyaknya bagi mereka yang mau dan ingin beribadah kepada-Nya, bagi ibada sunnah, Allah akan melimpahkan pahala setara dengan ibadah wajib, sedangkan ibadah wajib Allah akan melipatgandakannya juga. Maka dari itu kebanyakan muslim berlomba-lomba untuk mencari pahala pada bulan ini.

4. Diwajibkan Berpuasa

Dalam Islam puasa juga disebut dengan Shaum, puasa diwajibkan untuk tiap muslim saat bulan Ramadhan. Menahan diri dari makanan dan minuman serta perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkannya mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa juga membantu kita untuk menanamkan sikap-sikap yang baik dan diharapkan sikap-sikap ini akan berlanjut pada bulan-bulan selanjutnya. Dilihat dari efek kesehatan ternyata puasa sangat baik untuk kesehatan, puasa menggantikan sel-sel yang rusak dalam tubuh dengan sel yang baru. Selain itu puasa mampu meningkatkan kembali hormon pertumbuhan pada manusia. Hormon pertumbuhan ini akan memfasilitasi pembakaran cadangan lemak dalam tubuh selama berpuasa. Peningkatan kembali hormon ini dalam tubuh juga bermanfaat dalam melawan penuaan dini.

Ramadhan, bulan penuh rahmat dan ampunan. Semoga dari fakta-fakta tentang bulan ramadhan di atas menambah ilmu dan wawasan kita semua. Aamiin.