Kuota Tersedot. Pantau Penggunaan Data Android Dengan Internet Speed Meter Lite

Pantau penggunaan data dengan Internet Speed Meter Lite
Penggunaan kuota bagi pengguna android sudah tak dapat di pungkiri lagi nilai butuhnya. Sayangnya penggunaan kuota ini tidak bisa langsung kita monitoring/pantau pada kebanyakan perangkat android. Terkadang momen mengecek sisa kuota adalah momen yang mendebarkan, bikin kaget, dan bikin jantungan. Sebab tak jarang kuota yang baru saja kita beli, tiba-tiba hilang entah kemana, dan tidak tahu terpakai oleh apa kuota itu. Paling parah lagi setelah kuota habis, pulsa pun ikut habis.

Lantas cara mengatasi dan solusi agar kita tahu kenapa kuota kita tersedot/termakan, kuota yang tiba-tiba habis, penyabab kuota habis sendiri dan kuota yang tidak tahu termakan dan terpakai oleh apa itu bagaimana?

Caranya kita harus pantau penggunaan data di waktu-waktu tertentu biasanya dan beberapa tips dari saya yang mengulas penyebab kuota habis sendiri. Yaitu dengan menggunakan aplikasi Internet Speed Meter Lite, yang dapat anda langsung install di Google Play Store gratis dengan size tidak lebih dari 2 Mb.

Sekilas tentang Internet Speed Meter Lite.
Internet Speed Meter Lite
Internet Speed Meter Lite adalah aplikasi yang menunjukkan berapa kecepatan internet Anda secara langsung. Aplikasi ini juga menampilkan tabel dengan jumlah data yang sedang digunakan. Ini membantu Anda mengontrol penggunaan data sehingga tidak akan melebihi batas sebelum akhir bulan.

Bagian terbaik dari alat ini adalah selalu diperbarui dalam real time dan menyediakan informasi 30 hari terakhir, jadi Anda dapat mengelola data bulanan dengan baik. Anda dapat melihat tiga hasil di tabel, yaitu data yang digunakan dari penyedia layanan, data yang digunakan via WiFi, dan total keduanya. Ini membantu Anda mengetahui apakah jaringan di rumah bekerja dengan semestinya dan memastikan Anda menggunakannya alih-alih data dari penyedia jaringan.

Anda dapat memantau aktivitas internet dengan membuka aplikasi dan mengecek status koneksi. Kelebihan lainnya adalah Anda dapat melihat berapa megabita yang telah digunakan dan bilah notifikasi sepanjang waktu. Ini artinya Anda dapat mengecek konsumsi data secara real time dan berhenti menjelajah internet jika harus menghemat data, atau mengaktifkan koneksi WiFi jika peranti Anda tidak terhubung.

Aplikasi ini menampilkan kecepatan internet anda pada status bar dan menunjukkan jumlah data yang digunakan dalam panel notifikasi. Pastinya sangat membantu sobat untuk memonitor koneksi jaringan kapan saja saat menggunakan perangkat anda. Dan aplikasi ini tanpa iklan sama sekali.

Sudah menginstall ?
Anda bisa langsung mengaktifkannya, dan aplikasi ini akan terus hidup tanpa perlu anda hidup-matikan, tentunya tidak berat terhadap perangkat dan hanya memakan sedikit RAM.

Perhatikan selalu kecepatan internet saat paket data anda dinyalakan.
Pemantauan kuota tersedot
Inilah yang harus diwaspadai, ketika perangkat sama sekali tidak membuka aplikasi apapun, padahal hanya di beranda saja, tapi lihat kecepatan internet tersebut, menunjukkan sedang ada pemakaian di waktu tersebut yang nyata secara langsung. Bila terjadi demikian, anda harus mematikan paket data anda, agar tidak tersedot/termakan lebih banyak lagi.

Bagaimana cara mengetahui bagian perangkat mana yang sedang menyedot/memakan kuota? Untuk pertanyaan saya sendiri belum menemukannya, entah perangkat android saya yang jadul, atau payahnya pengetahuan saya. Mungkin di perangkat android yang semakin lama semakin canggih sekarang ini, terdapat fitur untuk memonitor penggunaan data pada aplikasi, atau bila anda tahu caranya silakan berkomentar. Namun sepengetahuan saya, aplikasi di perangkat android yang sering kali menyedot/memakan kuota yaitu Layanan Google Play, Google Play Store dan Google Play Game. Mereka tidak menyedot/memakan kuota kita tanpa sebab kok, itu merupakan kebutuhan dari perangkat android kita sendiri yang membutuhkannya update secara berkala tanpa meminta izin kita dan tidak dapat kita tangguhkan, sebab aplikasi-aplikasi ini sangatlah penting perannya pada perangkat android.

Solusinya memang harus ada kuota yang dikorbankan, dan itu paling berkisar 10-30Mb. Hanya sebesar itu kok, jika sudah selesai melakukan updatenya, kecepatan internet akan berubah menjadi 0 KB/s saat anda tidak menggunakan aplikasi apapun dan tentunya kuota anda aman.

Bagaimana bila sudah dikorbankan segitu, tapi kecepatan internet masih berjalan dan terus menyedot kuota? Dapat dimungkinkan perangkat android anda terkena virus, agar kuota tidak hangus oleh itu, silakan matikan data paket anda, coba nyalakan untuk mengidentifikasinya ketika menggunakan Wi-Fi/paket malam yang biasanya kuota berlimpah, jadi tidak terlalu nyesek saat kuotanya jalan terus. Untuk jalan keluarnya berarti anda diharuskan mereset data pabrik perangkat android.

Itulah cara mengatasi dan solusi mengatasi kuota tersedot pada android ulasan saya, semoga dapat berguna dan bermanfaat serta menambah pengetahuan dan wawasan anda semua.

1 comments so far

Sama gan pengalamannya, dan ini brusan tdi ane alami. Nyesek bngt dri yg kmren sisa 9 gb. Pas hri ini sisa 2 gb. Trus ane download internet speed meter live kliatan pnggunaan data walau g digunain. 2x pnglmn kyk gini n easanya nyesek bngt. G ada solusi laen gitu slain direset ulang