Malam Lailatul Jaiza Pada Bulan Ramadhan

Penjelasan Lailatul Jaiza pada bulan ramadhan
Pada bulan ramadhan yang suci ini terdapat istilah yang bernama 'Lailatul Jaiza'. Lantas apa itu Lailatul Jaiza?
Lailatul Jaiza adalah malam sebelum Idul Fitri. Malam ini juga disebut sebagai malam pemberian hadiah (Night Of Reward). Doa semua umat muslim yang melakukan shalat, tarawih, puasa, beramal dan lain-lain selama bulan Ramadhan sedang diterima Allah Swt. pada malam ini.

Sudah ditegaskan oleh Rasulullah Saw., bahwa ia akan tidak tidur di malam hari sebelum hari lebaran. Dalam hadis disebutkan pada malam ini sebagai malam pemberian hadiah. Allah Swt. Yang Maha Kuasa melimpahkan hadiah kepada mereka yang menghabiskan bulan Ramadhan dengan mematuhi perintah-perintah syariat, dan semua doa mereka malam ini diterima.

Untuk mendapatkan manfaat dari kesempatan ini, kita harus melakukan ibadah sebanyak-banyaknya pada malam ini, dan harus berdoa untuk semua kebutuhan dan keinginan kita. Mulailah dengan melangkahkan kaki kita ke masjid, lalu mengikuti muslimin lainnya untuk bertakbir. Janganlah menjadi seorang yang merugi dengan menyia-nyiakan malam yang istimewa ini seperti melakukan bakar-bakaran, nongkrong bersama teman atau kegiatan lain yang sekiranya kurang bermanfaat saat berada di waktu-waktu dimana doa dan harapan dikabulkan oleh Allah Swt.

Perbanyaklah takbir, dzikir, dan doa pada malam Lailatul Jaiza, ajak teman, keluarga, dan para sahabat sekalian untuk bersama memperbanyak ibadah agar amalan-amalan kita ini dapat diterima oleh Allah Swt. Insha Allah. Semoga Dia menjadikan kita semua termasuk ke dalam golongan du'at yang menyerukan ajaran Allah dan membela kebenaran. Dan supaya Dia melindungi kita serta semua kaum muslimin dari segala sesuatu yang menyalahi syariat-Nya. Aamiin. Sesungguhnya Dia Maha Baik, lagi Maha Mulia.