Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja SMTP, POP3 dan IMAP pada Mail Server

Pengertian fungsi cara kerja port SMTP, POP3 dan IMAP pada Mail Server
Sebenarnya apa saja sih yang ada di Mail Server? Mail Server kurang lebih cara kerjanya pun sama dengan Kantor Pos, di Mail Server terdapat 3 Protokol/aturan utama dengan fungsi dan cara kerja masing-masing yang harus diketahui, yaitu :

1. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
2. POP3 (Post Office Protocol)
3. IMAP (Internet Massage Access Protocol)

Skema Singkat

Mail Server atau yang sering disebut juga E-Mail server, digunakan untuk mengirim surat melalui Internet. Dengan begitu, dapat mempermudah dalam penggunanya, karena lebih cepat dan efisien. Untuk membuat Mail Server, harus terdapat SMTP dan POP3 server, yang digunakan untuk mengirim dan menerima email. Proses pengiriman email bisa terjadi karena adanya SMTP Server (Simple Mail Transfer Protocol). Setelah dikirim, email tersebut akan ditampung sementara di POP3 Server (Post Office Protocol ver. 3). Dan ketika user yang mempunyai email account tersebut online, mail client akan secara otomatis melakukan sinkronisasi dari POP3 Server.

Mungkin kita dulu pernah bahkan sering menggunakan kantor pos sebagai jasa untuk mengirim surat kepada kerabat atau teman kita yang jauh dari tempat kita tinggal, di Kantor pos itu juga terdapat Kurir sebagai tukang mengantarkan surat dari Kantor Pos kepada penerima.

SMTP ini singkatan dengan kepanjangan Simple Mail Transfer Protocol. Dengan pengertian singkat SMTP adalah protokol yang mengatur pengiriman email dari pengirim (Ongoing).
Cara kerja SMTP ini sama dengan Kantor Pos, tempat dimana kita menitipkan surat kita agar dikirimkan kepada penerima yang tertera di surat tersebut.
Terdapat pada port berapa SMTP? SMTP terdapat pada port 25.

POP3 ini singkatan dari kepanjangan Post Office Protocol ver.3 dan IMAP ini singkatan dari kepanjangan Internet Message Access Protocol. Dengan pengertian singkat POP3/IMAP adalah protokol yang mengatur penerimaan email kepada penerima (Ingoing).
Cara kerja POP3 dan IMAP sama dengan kurir yang mengantarkan surat, tugasnya menyampaikan surat yang sebelumnya sudah dititipkan di Kantor Pos (SMTP) kepada penerima surat.
Terdapat pada port berapa POP3? POP3 terdapat pada port 110.
Terdapat pada port berapa IMAP? IMAP terdapat pada port 143.

Ada perbedaan antara POP3 dan IMAP, mudahnya. kalau IMAP itu protokol yang biasa kita pakai kalau kita pakai Web Based Mail, contohnya seperti (gmail.com, yahoo.com) dan menggunakan Browser sebagai antarmukanya, kalau POP3 menggunakan Aplikasi Email Client, sebut saja Outlook, Thunderbird, Outlook Express dll.

Bedanya jika kita pakai IMAP, kita hanya bisa melihat isi dari email yang ada pada mailbox kita secara online dan tidak bisa di download ke localdisk kita, berbeda dengan POP3 yang bisa membuka email secara offline dengan syarat ketika komputer online dia mendownload semua email ke local disk sehingga bisa dibaca offline.