Tips Cerdas Untuk Kamu Mahasiswa Baru

Tips dan trik cerdas untuk kamu para mahasiswa baru
Diperuntukkan untuk sobat-sobat yang baru saja memasuki dunia kuliah. Ada beberapa Tips & Trik untuk Mahasiswa Baru yang tentunya akan sedikit membuka pikiran kalian yang baru saja masuk ke jenjang pendidikan tingkat tinggi (Perguruan Tinggi), hahaha. Santai sejenak, buat rileks pikiran anda, dan bacalah tips-tips di bawah, khusus kamu yang baru saja menjadi Mahasiswa Baru.

1. Teguhkan Tujuan Kuliah

Kamu kuliah dengan tujuan apa? Banyak dari kamu para mahasiswa baru, yang memiliki jawaban, kuliah hanya untuk mendapatkan gelar yang sewajarnya, kuliah agar mudah mencari pekerjaan, kuliah karena dorongan orang tua, dan yang paling sering teman bilang 'kuliah cari cewe bro!', hahaha. Sebenarnya banyak sekali tujuan-tujuan yang dapat kita targetkan dari awal langkah kita menginjak dunia kuliah, begitu banyaknya yang tidak mungkin dapat disebutkan satu-satu di sini. Anggap saja tujuan itu adalah cita-cita. Apa cita-cita kamu? Pastikan kamu memiliki semangat untuk meraih cita-cita itu, sehingga hari demi hari di kampus tidak terasa membosankan seperti mereka yang kuliah hanya karena suatu keharusan, formalitas, tanpa niat yang jelas. Jadi, rumuskan cita-citamu dari awal, sehingga kamu kuliah dengan niat dan semangat, dan tidak ada lagi tuh kata-kata 'malas, bosan'. InshaAllah.

2. Tentukan Targetmu

Yang kedua yaitu target. Untuk kamu mahasiswa akan tidak asing lagi dengan kata IP. IP atau Indeks Prestasi adalah nilai capaianmu saat kuliah. IP merupakan standar yang dapat digunakan untuk melamar kerja. Ketahuilah standar pelamar di perusahaan setidaknya memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 2.75 dari total 4.00. Gimana caranya dapat IP yang tinggi? Jangan suka bolos kuliah, kerjakan semua tugas dengan baik, belajar giat untuk UTS dan UAS, dan senyum ramah pada dosen tentunya.

3. Cintai Jurusanmu

Love what you learn, and learn what you love!
Mungkin kamu tidak terlalu suka karena jurusan tersebut pilihan orang tua. Tapi coba lihat lebih dekat, orang tuamu ingin yang terbaik buatmu kan. Semua jurusan itu baik, asal dipelajari dengan serius, semangat dan disertai perasaan senang, hasilnya pasti akan berbuah manis. Percayalah.

4. Mandiri & Jadi Diri Sendiri

Ingat, sudah bukan siswa lagi ya, tapi mahasiswa. Mahasiswa diharuskan mandiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari dikampus dan perkuliahan. Tetaplah jadi diri sendiri dan bawa aura positif di lingkunganmu!

5. Banyak Teman Baru

Banyak teman, banyak silaturahmi dan panjang umur! Nah, teman yang baik dan bersemangat tentu akan membawamu pada keberhasilan di kampus. Banyak lho mahasiswa yang tidak memanfaatkan masa kuliah dengan baik dan lebih banyak bermain serta bergaul yang kurang positif. Maka, sangat penting untuk "memilih" teman yang akan memberikan dampak positif pada keseharianmu di kampus.

6. Say No To Kupu-Kupu

Kuliah Pulang-Kuliah Pulang. Jangan sampai jadi mahasiswa Kupu-Kupu. Kuliah hanya dijadikan suatu keseharusan saja. Tapi, jadilah mahasiswa yang aktif. Ikutilah UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang disediakan oleh kampus yang sesuai dengan minatmu. Ikutilah seminar-seminar yang diadakan kampus, sertifikatnya bisa jadi sangat berguna di masa depan. Dengan begitu, kuliah akan terasa lebih menyenangkan.

Itulah Tips-Tips Cerdas untuk kamu yang baru saja jadi Mahasiswa Baru. Jadilah Mahasiswa Baru yang baik, jujur, pandai, dan rajin menabung yah, hahaha.