Penjelasan Air Alkali / Alkaline Water

Air Alkali atau Alkaline Water adalah air terapi alami dimana proses penciptaan air alkali ini melalui teknologi arus listrik pada mesin Kangen Water. Air alkali dapat disebut air basa (air yang memiliki pH diatas 7), air ini sama sekali tidak mengandung zat kimia apapun sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Air Alkali  dapat juga digunakan sebagai terapi alami untuk membantu mempercepat proses penyembuhan tubuh, namun air ini tidak ditujukan untuk menggantikan pengobatan medis dan tidak ada jaminan kesembuhan apapun yang diberikan. Tetapi, terapi minum air alkali sangat patut dan sangat disarankan untuk pemulihan tubuh.

Cara kerja air ini adalah ia akan membersihkan tubuh dari tingkat sel, mengeluarkan limbah-limbah atau racun dari tubuh (detoksifikasi), sehingga ketika racun telah dinetralisir dan dikeluarkan tubuh, maka sel-sel tubuh akan kembali sehat sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat dan berangsur-angsur kesehatanpun akan menjadi lebih baik.

pH air alkali untuk diminum
Jika orang yang baru pertama kali minum air alkali, sebaiknya mulai minum dari pH (potensial Hidrogen atau tingkat keasaman) yang paling rendah yaitu pH 8.5 terlebih dahulu secara bertahap selama 2 minggu agar tubuh dapat menyesuaikan secara perlahan-lahan dan disarankan jangan langsung minum pada pH yang tinggi seperti pH 9.5 (karena jika terjadi detoks maka reaksinya akan cukup kuat, ibarat seperti orang yang baru pertama kali latihan angkat beban, tiba-tiba langsung dilatih angkat 100 Kg, maka tubuh akan kaget dengan perubahan yang mendadak dan tiba-tiba ini sehingga muncul reaksi yang cukup kuat) dan juga sangat tidak nyaman bagi tubuh jika langsung meminum air ini di pH yang tinggi.

Kuncinya jika tubuh merasa tidak nyaman, jangan langsung naik ke pH yang tinggi, pastikan tubuh sudah nyaman di pH yang lebih rendah dulu sebelum naik ke tahap berikutnya.

Misalkan, setelah tubuh terbiasa dan nyaman minum di pH 8.5 baru coba naikkan ke pH berikutnya yaitu pH 9.0 (sekitar 2-3 minggu kemudian), lanjutkan minum di pH 9.0 hingga tubuh terasa benar-benar nyaman, barulah nanti untuk seterusnya naikkan ke pH 9.5 (pH alkali tertinggi yang boleh diminum).

Sebagai tambahan informasi, setiap kenaikan satu angka pada pH artinya nilai pH-nya lebih kuat 10 kali lipat dari pH sebelumnya. Contoh air dengan pH 8 sifat alkalinya 10 kali lipat lebih tinggi dari pH 7, air dengan pH9 sifat alkalinya 10 kali lipat lebih tinggi dari pH 8.

Oleh karena itu jika konsumsi air putih anda sebelum mengenal air alkali ini yaitu air putih biasa seperti AQUA yang memiliki pH 7 alias netral. Maka ketika langsung mencoba minum air alkali pada pH 9.5 artinya sifat alkali yang diminum besarnya 150 kali lipat lebih kuat dari pH air netral yang biasa kita minum sehari-hari. Hal ini akan memberikan suatu kejutan bagi tubuh atas perubahan mendadak sehingga reaksi detoks yang terjadi pun akan sangat ekstrim. Karena itu sekali lagi dikatakan bahwa proses minum air alkali ini tidak boleh mendadak namun secara bertahap perlahan-lahan dan harus dimulai dari pH 8.5 dahulu, setelahnya baru naik ke pH 9.0 dan terakhir ke pH 9.5.

Tidak semua orang akan mengalami reaksi ketika minum air ini, ada yang mengalami reaksi detoks, ada juga yang tidak. Jikalau ada yang mengalami reaksi detokspun bentuknya bisa bermacam-macam dan satu orang bisa beda dengan orang yang lainnya.

Gejala detoksifikasi itu sifatnya sementara dan lama gejala pada setiap orang berbeda-beda, ada yang hanya hitungan hari, ada juga yang hitungan minggu, semakin asam sifat tubuh seseorang (biasanya menderita penyakit), maka semakin banyak pula racun dan limbah yang harus dibersihkan oleh air alkali ini.

Tidak ada efek samping minum air alkali. Yang ada adalah efek sehat karena air alkali adalah air sehat yang sangat bagus bagi tubuh. Air yang bersifat alkali memiliki kandungan antioksidan yang tinggi akan membawa kebaikan bagi tubuh. Jika tubuh menderita penyakit, maka air alkali akan membantu memulihkan kesehatan, dan jika tubuh sehat, maka air alkali akan membantu mempertahankan kesehatan. Dengan begitu dianjurkan untuk mengkonsumsi air alkali diiringi pola hidup sehat maka tubuh akan sangat sehat dan terasa lebih segar.