Fungsi Paragraf Bagi Penulis dan Pembaca

Paragraf atau alinea merupakan satuan bahasa yang lebih besar dan lebih luas dari kalimat. Dalam definisinya, paragraf adalah satuan bahasa yang mengemukakan sebuah pokok pikiran atau suatu gagasan utama yang disampaikan dalam sebuah himpunan kalimat.

Contoh Penulisan Paragraf Yang Baik dan Benar
Contoh Penulisan Paragraf
Paragraf yang berupa himpunan kalimat saling terkait ini berfungsi penting bagi penulis paragraf maupun bagi pembaca paragraf dalam sebuah teks/karangan. Berikut adalah fungsi paragraf tersebut.

A. Fungsi Paragraf Bagi Penulis

1. Paragraf memudahkan penulis untuk memberikan pengertian dan pemahaman tulisannya secara bertahap dengan menceraikan satu tema dari tema yang lainnya dalam sebuah teks.
2. Paragraf merupakan wadah untuk mengungkapkan sebuah ide atau pokok pikiran secara tertulis paling sederhana.
3. Paragraf harus memisahkan setiap unit pikiran yang berupa ide, sehingga tidak terjadi pencampuran di antara unit pikiran penulis.
4. Penulis tidak cepat lelah dalam menyelesaikan sebuah karangan dan termotivasi untuk masuk ke dalam paragraf selanjutnya untuk menuangkan idenya.
5. Paragraf dapat dimanfaatkan sebagai pembatas antara bab karangan dalam satu kesatuan yang padu seperti bab pendahuluan, bab isi, dan bab kesimpulan.

B. Fungsi Paragraf Bagi Pembaca

1. Dengan memisahkan atau menegaskan perhentian secara wajar dan formal, pembaca dengan jelas memahami gagasan utama paragraf penulis.
2. Pembaca dengan mudah menikmati karangan secara utuh, sehingga memperoleh informasi penting dan kesan yang kondusif.
3. Pembaca akan tertarik dan bersemangat membaca karangan paragraf demi paragraf karena tidak membosankan dan tidak melelahkan.
4. Pembaca dapat belajar bagaimana cara menarik untuk menyampaikan sebuah ide/gagasan karangan melalui paragraf penulis.
5. Pembaca merasa tertarik dan termotivasi cara menjelaskan paragraf tidak hanya dengan kata-kata, tetapi dapat juga dengan gambar, bagan, diagram, grafik dan kurva.