4 Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Biaya

Cara Menghilangkan Jerawat
Pertama, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu JERAWAT. Jerawat sering kali kita lihat sebagai bintik atau benjolan berisi nanah yang biasanya muncul pada beberapa bagian tubuh seperti di wajah, leher, dada dan punggung. Dalam istilah medis, jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi ketika pori-pori tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat paling umum terjadi pada usia remaja dan dewasa muda tepatnya masa pubertas yang identik dengan kulit berminyak diakibatkan adanya peningkatan hormon testosteron. Dengan kesimpulan bahwa penyebab umum jerawat adalah produksi kelenjar minyak yang berlebih di kulit ditambah dengan debu dan kotoran.

Setelah kita mengetahui sekilas tentang jerawat, kita pastinya berpikir jerawat bukan suatu masalah yang besar. Tentu saja sangat mudah untuk kita atasi, singkatnya yaitu dari DALAM: Pola hidup sehat, dari LUAR: Hindari debu dan kotoran. Ya, benar, sangat mudah CARA MENGHILANGKAN JERAWAT tanpa mengeluarkan biaya untuk membeli obat-obatan, membeli buah/madu/susu/gula untuk diramu sebagai scrub/masker dan konsultasi/perawatan/terapi dokter, semua itu mahal dan perlu waktu. Caranya mudah sekali, tetapi mari kita uraikan agar lebih jelas. Cara-cara di bawah ini bisa langsung Anda praktikkan, ambil saja waktu 1 BULAN dan rasakan perbedaannya.

DARI DALAM:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara paling mudah yang pertama yaitu perbanyak minum air putih. Minum air putih di anjurkan sebanyak 8 gelas setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Manfaat minum air yang cukup untuk menjaga kesehatan dan mencegah jerawat dengan cara membuang racun melalui urin.

2. Pola Makan

Mengatur pola makan dengan mempertimbangkan asupan kandungan zat gizi di dalamnya dan menjaga waktu makan. Caranya makan makanan sehat bergizi (PENTING: SAYUR DAN BUAH) sesuai jadwal makan secara teratur. Yang perlu dihindari yaitu telat makan, makan makanan tidak sehat seperti gorengan, mie, dan lainnya.

3. Pola Hidup

Biasakan mengatur kebiasaan dengan pola hidup yang sehat, yaitu olahraga raga secara teratur, lakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau naik turun tangga paling tidak 15 menit dalam sehari. Kedua, istirahat yang cukup, ketika tubuh kita mengalami kelelahan dan perlu untuk mengistirahatkannya, tidur merupakan cara terbaik. Atur jam tidur Anda secara terjadwal seperti tidur pukul 21.00 dan bangun pukul 05.00 untuk melakukan sholat subuh kemudian olahraga sebelum memulai aktivitas. Jangan tidur larut malam, apalagi begadang dan jangan pernah terlalu lelah yang sampai bisa menyebabkan Anda sakit.

4. Hindari Stres

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan menghindari stres. Stres biasanya disebabkan karena banyaknya pikiran, banyaknya beban kegiatan dan banyaknya tekanan. Itu sebabnya di sini Anda dituntut untuk dapat mengelola stres dengan baik dan bijak. Cobalah untuk duduk diam sejenak tanpa memikirkan apapun kemudian perlahan tarik nafas dalam-dalam dan tahan sebentar. Setelah itu keluarkan dengan cara perlahan-lahan sambil merilekskan pikiran. Dan cobalah keluar untuk sekedar bermain dan bersantai ditengah-tengah aktivitas keseharian Anda.

DARI LUAR:

1. Hindari Debu dan Kotoran

Dimanapun Anda berada, cobalah untuk menghindari debu dan kotoran dari bagian tubuh yang biasanya timbul jerawat seperti wajah dan leher. PENTING! Pastikan setelah selesai melakukan aktivitas keseharian, Anda pulang ke rumah lalu bersihkan terlebih dahulu wajah Anda dengan tisu/kapas/lap ditambahkan air (air hangat lebih bagus), sebelum Anda langsung mandi atau tidur.

2. Jangan Cuci Muka Terlalu Sering

Cuci muka berkali-kali dapat membuat wajah menjadi lebih bersih? Salah. Semakin sering Anda mencuci muka justru akan membuat kulit iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih. Batasi ritual cuci muka cukup 2 kali sehari, seperti pagi dan malam hari atau saat dimana muka harus dibasuh dengan air.

3. Jangan Sering Menyentuh Wajah

Secara tidak sadar kita sering melakukan kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan, parahnya lagi kita langsung menyentuh jerawat dengan tangan. Kebiasaan ini tentunya dapat membuat bakteri dan kuman pada tangan khususnya jari-jari dan kuku berpindah ke wajah. Alhasil, bakteri dan kuman tersebut akan memunculkan infeksi pada kulit wajah, salah satunya jerawat. Nah, jika ingin menyentuh wajah, pastikan terlebih dahulu tangan Anda dalam keadaan yang bersih.

4. Kempeskan Jerawat!

Cara yang terakhir diambil dari pengalaman Saya ketika menghilangkan jerawat. Caranya:
1. Pastikan tangan, jari-jari dan kuku bersih. (Biasanya Saya lakukan sambil mandi),
2. Kempeskan atau meletuskan jerawat dengan cara dijepit 2 kuku pada bagian mata/bijinya sampai keluar, lalu buang jauh-jauh mata/biji jerawat tersebut,
3. Tekan-tekan bagian jerawat yang sudah tidak ada mata/bijinya dengan jari agar kotoran/nanah di dalam jerawat tersebut keluar,
4. Lalu bilas dengan air.
5. Selesai, ditunggu sekitar 4-5 hari, jerawat akan menghilang lebih cepat dan kulit akan merata tanpa bekas.
6. Setelah melakukan cara tersebut, anda hanya perlu menunggu, jangan sentuh ataupun memikirkannya dengan cara mengeceknya setiap saat. Bawa santai dan jangan terlalu dipikirkan.

Itulah cara menghilangkan jerawat dengan alami, murah, kan? Tanpa biaya. Buang jauh-jauh metode beli obat, masker dan ramuan buat jerawat Anda. Sekarang, ayo praktikkan cara-cara di atas! Mudah-mudahan kita semua mendapat solusi atas permasalahan yang kita hadapi. Baiknya karena Allah SWT. Terima kasih. ☺