Penjelasan Istilah Plumbing dan Alat-Alatnya

Istilah Plumbing dan Alat-alatnya
PLUMBING adalah suatu sistem penyediaan atau pengeluaran air  ke tempat-tempat yang dikehendaki tanpa ada gangguan atau pencemaran terhadap daerah-daerah yang dilaluinya dan dapat memenuhi kebutuhan penghuninya dalam masalah air. Sistem plumbing ini umumnya menggunakan instalasi pemipaan.

JENIS PERALATAN PLUMBING
Peralatan plambing meliputi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam suatu kompleks perkotaan, perumahan, dan bangunan. Peralatan tersebut terdiri dari:
1. Peralatan untuk penyediaan air bersih,
2. Peralatan untuk penyediaan air panas,
3. Peralatan untuk pembuangan air kotor, dan
4. Peralatan-peralatan lain yang ada hubungannya terhadap perencanaan pemipaan.

SYARAT-SYARAT DAN MUTU BAHAN PLUMBING
Dalam perencanaan pelaksanaan plumbing, harus diperhatikan syarat-syarat dari bahan plumbing, yaitu:
1. Tidak menimbulkan bahaya kesehatan,
2. Tidak menimbulkan gangguan suara,
3. Tidak menimbulkan gangguan radiasi,
4. Tidak merusak perlengkapan bangunan, dan
5. Instalasi harus kuat dan bersih.

Selain syarat-syarat di atas harus pula diperhatikan cara-cara pemasangan yang baik, seperti penyambungan hubungan dari pipa-pipa yang besar ke yang kecil atau sebaliknya. Instalasi plumbing harus menggunakan bahan-bahan yang mutu bahannya memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
1. Daya tahan harus lama, minimal 30 tahun.
2. Permukaan harus halus dan tahan air.
3. Tidak ada bagian-bagian yang tersembunyi/menyimpan kotoran pada bahan-bahan yang dimaksud.
4. Bebas dari kerusakan, baik mekanis maupun yang lain.
5. Mudah pemeliharaannya.
6. Memenuhi peraturan-peraturan yang berlaku.

ALAT-ALAT PENDUKUNG PLUMBING
Dalam perencanaan plumbing, perlu diperhatikan bahan/alat plumbing. Untuk bahannya dapat digunakan: pipa besi tuang (galvanize), pipa PVC, dan pipa tembaga (untuk air panas). Penggunaan pipa ini tergantung dari jenis bangunan dengan suatu tekanan tertentu sesuai dengan besar dan tinggi bangunannya. Ukuran yang sering digunakan mulai dari diameter 1/2" sampai dengan 2" untuk rumah tinggal, dan 1/2" sampai dengan 6" untuk bangunan tinggi.

Alat-alat plumbing yang merupakan permulaan dari sistem pembuangan dari instalasi, dapat berupa: kran, kloset, wastafel (lavatory), urinoir, bidet, bath tub, shower, dan lain-lain. Alat plumbing dari kran dapat berfungsi sebagai alat untuk mendapatkan air dan juga alat plumbing lain untuk mengalirkan air yang sudah dipakai.

1 comments so far

Plumbing fixtures installation is the biggest and integral part of plumbing remodeling. This is the reason it is considered as the most vital task. Plumbing Contractors Burlington Ontario